RPP SEMUA MAPEL SMP KURIKULUM 2013


Di masa yang akan datang peserta didik akan menghadapi tantangan berat karena kehidupan  masyarakat global selalu mengalami perubahan setiap saat. Oleh karena itu mata pelajaran IPS
dirancang untuk mengembangkan pengetahuan, pemahaman, dan kemampuan analisis terhadap
kondisi sosial masyarakat dalam memasuki kehidupan bermasyarakat yang dinamis.
Mata pelajaran IPS disusun secara sistematis, komprehensif, dan terpadu dalam proses
pembelajaran menuju kedewasaan dan keberhasilan dalam kehidupan di masyarakat. Dengan
pendekatan tersebut diharapkan peserta didik akan memperoleh pemahaman yang lebih luas dan
mendalam pada bidang ilmu yang berkaitan.

bukan hanya penguasaan kumpulan pengetahuan yang berupa fakta-fakta, konsep-konsep, atau prinsip-prinsip saja tetapi juga merupakan suatu proses penemuan. Pendidikan IPA diharapkan dapat menjadi wahana bagi peserta didik untuk mempelajari diri sendiri dan alam sekitar, serta prospek pengembanganlebih lanjut dalam menerapkannya di dalam kehidupan sehari-hari. Proses pembelajarannya menekankan pada pemberian pengalaman langsung untuk mengembangkan kompetensi agar menjelajahi dan memahami alam sekitar secara ilmiah. Pendidikan IPA diarahkan untuk inkuiri  dan berbuat sehingga dapat membantu peserta didik untuk memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang alam sekitar.

Alasannya berbagai macam, bagi yang pro kurikulum 2013 beralasan sudah keluar banyak miliaran kenapa tidak dipertahankan dsb. Sedangkan bagi yang merasa terbebani dengan kurikulum 2013 beralasan dari mulai tidak optimalnya implementasi kurikulum 2013, bahan ajar yang datang terlambat, sampai pada pembuatan perangkat pembelajaran (baca: RPP dan Silabus) yang dirasa sangat-sangat memberatkan bagi pendidik atau guru. Bahkan dari kalangan wali murid pun tidak kalah panasnya, "anak sekolah jaman sekarang ada-ada saja tugasnya, ada yang suruh bawa sayur-sayuran dan lain sebagainya. Ini mau sekolah apa mau jualan di pasar". Kami di sini bukan berarti kontra dengan kurikulum 2013, tapi kami merasa ketika ingin menerapkan kurikulum yang sangat-sangat bagus (") tersebut butuh sosialisasi dan suntikan-suntikan yang sangat-sangat matang, bukan cuma kepada pendidik saja, melainkan wali murid juga harusnya diajak.


Hal seperti di atas harusnya menjadi pengalaman bagi stakeholder atau pemangku kebijakan agar selalu mawas diri sebelum bertindak. Jadi panjang.... Ok langsung saja di bawah ini Blog Membumikan Pendidikan akan share tentang RPP dan Silabus SMP kelas VII, VIII, dan IX KTSP. Dalam share RPP dan Silabus ini, terdapat pula SK dan KD, Pemetaan SK, Program Semester (Promes), Program Tahunan (Prota), dan KKM tentunya RPP dan Silabusnya juga tidak ketinggalan. Berikut di bawah ini sahabat-sahabat linknya.

Download silabus

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan isi komentar, saran, maupun kritik biar blog ini semakin ok