RPP AL ISLAM MUHAMMADIYAH AL QUR'AN HADIST KELAS X


RPP AL ISLAM MUHAMMADIYAH AL QUR'AN HADIST KELAS X
  1. RPP V 1
  2. RPP V2
  3. SILABUS
  4. SUPAYA AL QUR'AN DAPAT TERBACA SILAHKAN INSTAL PLUG IN AL QURAN DISINI VERSI 32 DAN VERSI 64 BIT

Contoh ringkasan RPP nya :
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Satuan Pendidikan    :    SMK Muhammadiyah Randubatung
Mata Pelajaran    :    Al-Qur’an Hadits
Kelas / Semester    :    X / I
Alokasi Waktu    :    2 x 40 menit ( 1 x pertemuan)

A.    Standar kompetensi
1.  Memahami Ayat Al-Qur’an Tentang Manusia Dan Tugasnya Sebagai Hamba Allah Dan Kholifah Di Bumi.

B.     Kompetensi dasar
1  Mengartikan Al-Qur’an surat Al-mu’minun : 12-14, surat al-Nahl : 78, surat Al-Baqarah : 30,dan surat Az-zariyat : 56.
2  Menjelaskan Kandungan Al-Qur’an surat Al-mu’minun : 12-14, surat al-Nahl : 78, surat Al-Baqarah : 30, dan surat Az-zariyat : 56

C.    Tujuan Pembelajaran dan nilai karakter
1.      Tujuan pembelajaran
a.       Peserta didik dapat Membaca, mengartikan dan menjelaskan kandungan ayat Al-Qur’an surat Al-Mu’minun ayat 12-14 tentang proses penciptaan manusia.
b.      Peserta didik dapat Membaca, mengartikan dan menjelaskan kandungan ayat Al-Qur’an surat Al-Nahl  ayat 78 tentang keadaan manusia ketika dalam kandungan.
c.       Peserta didik dapat Membaca, mengartikan dan menjelaskan kandungan ayat Al-Qur’an surat Al-Baqarah ayat 30 tentang tugas dan tujuan allah menciptakan manusia di bumi.
d.      Peserta didik dapat Membaca, mengartikan dan menjelaskan kandungan ayat Al-Qur’an surat Az-Zariyat  ayat 56 tentang tugas manusia sebagai hamba Allah.
2.      Nilai karakter
a.       Cerdas
b.      Kreatif
c.       Peduli social
d.      Cinta ilmu
e.       Religious
f.       Bertqwa
g.      Taat perintah Allah SWT


D.    Materi Pembelajaran
•
“dan Sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dari suatusaripati (berasal) dari tanah. kemudian Kami jadikan saripati itu air mani(yang disimpan) dalam tempat yang kokoh (rahim). kemudian air mani itu Kamijadikan segumpal darah, lalu segumpal darah itu Kami jadikan segumpaldaging, dan segumpal daging itu Kami jadikan tulang belulang, lalu tulangbelulang itu Kami bungkus dengan daging. kemudian Kami jadikan Dia makhlukyang (berbentuk) lain. Maka Maha sucilah Allah, Pencipta yang paling baik”.(QS. Al-Mu’minun :12-14)

•
“dan Allah mengeluarkan kamu dari perut ibumu dalam Keadaantidak mengetahui sesuatupun, dan Dia memberi kamu pendengaran, penglihatandan hati, agar kamu bersyukur”. (QS. An-Nahl :78)


•
“Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada Para Malaikat:"Sesungguhnya aku hendak menjadikan seorang khalifah di mukabumi." mereka berkata: "Mengapa Engkau hendak menjadikan(khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya danmenumpahkan darah, Padahal Kami Senantiasa bertasbih dengan memuji Engkaudan mensucikan Engkau?" Tuhan berfirman: "Sesungguhnya akumengetahui apa yang tidak kamu ketahui." (QS. Al-Baqarah : 30)


“dan aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supayamereka mengabdi kepada-Ku”. (QS. Adz- Dzariyat : 56)

 
E.     Metode Pembelajaran dan Strategi pembelajaran
Meteode pembelajaran :
1.      Ceramah
2.      Tanya jawab
3.      Diskusi
4.      Drill

2.      Strategi Pembelajaran :
a.       CTL (Contextual Teaching Learning)
b.      Cooperative learning
F.     Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
 

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan isi komentar, saran, maupun kritik biar blog ini semakin ok