KUMPULAN MEDIA PEMBELAJARAN SD


KUMPULAN MEDIA PEMBELAJARAN SD
  1. MEDIA PEMBELAJARAN SD KELAS 1
  2. MEDIA PEMBELAJARAN SD KELAS 2
  3. MEDIA PEMBELAJARAN SD KELAS 3
  4. MEDIA PEMBELAJARAN SD KELAS 4
  5. MEDIA PEMBELAJARAN SD KELAS 5
  6. MEDIA PEMBELAJARAN SD KELAS 6

Media Pembelajaran IPA Aku Tumbuh Besar Kelas 2 SD



Media Pembelajaran IPA Aku Tumbuh Besar Kelas 2 SD Silahkan download disini
atau lihat secara langsung video dibawah ini

RPP Penjaskes / PJOK SD Kelas 1


Saudaraku yang masih setia berkunjung disini saya akan shared  RPP Penjaskes / PJOK SD Kelas 1 
Sebelumnya saya akan sedikit menjelaskan pengertian dari RPP itu sendiri :

RPP dijabarkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan belajar peserta didik dalam upaya mencapai KD. Setiap guru pada satuan pendidikan berkewajiban menyusun RPP secara lengkap dan sistematis agar pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik.
RPP disusun untuk setiap KD yang dapat dilaksanakan dalam satu kali pertemuan atau lebih. Guru merancang penggalan RPP untuk setiap pertemuan yang disesuaikan dengan penjadwalan di satuan pendidikan.Komponen RPP adalah :
1.       Identitas mata pelajaran
Identitas mata pelajaran, meliputi: satuan pendidikan, kelas, semester, program/program keahlian, mata pela­jaran atau tema pelajaran, jumlah pertemuan.
2.     Standar kompetensi
Standar kompetensi merupakan kualifikasi kemampuan minimal peserta didik yang menggambarkan penguasaan pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang diharapkan dicapai pada setiap kelas dan/atau semester pada suatu mata pelajaran.
 3.    Kompetensi dasar
Kompetensi dasar adalah sejumlah kemampuan yang harus dikuasai peserta didik dalam mata pelajaran tertentu sebagai rujukan penyusunan indikator kompe­tensi dalam suatu pelajaran.
4.       Indikator pencapaian kompetensi
Indikator kompetensi adalah perilaku yang dapat diukur dan/atau diobservasi untuk menunjukkan ketercapaian kompetensi dasar tertentu yang menjadi acuan penilaian mata pelajaran. Indikator pencapaian kompetensi dirumuskan dengan menggunakan kata kerja operasional yang dapat diamati dan diukur, yang mencakup pengetahuan, sikap, dan keterampilan.
5.       Tujuan pembelajaran
Tujuan pembelajaran menggambarkan proses dan hasil belajar yang diharapkan dicapai oleh peserta didik sesuai dengan kompetensi dasar.
6.       Materi ajar
Materi ajar memuat fakta, konsep, prinsip, dan prosedur yang relevan, dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator pencapaian kompe­tensi.
7.       Alokasi waktu
Alokasi waktu ditentukan sesuai dengan keperluan un­tuk pencapaian KD dan beban belajar.
8.       Metode pembelajaran
Metode pembelajaran digunakan oleh guru untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik mencapai kompetensi dasar atau seperangkat indikator yang telah ditetapkan. Pemilihan metode pembelajaran disesuaikan dengan situasi dan kondisi peserta didik, serta karakteristik dari setiap indikator dan kompetensi yang hendak dicapai pada setiap mata pelajaran. Pendekatan pembelajaran tematik digunakan untuk peserta didik kelas 1 sampai kelas 3 SD/MI.
9.       Kegiatan pembelajaran
a.       Pendahuluan
Pendahuluan merupakan kegiatan awal dalam suatu pertemuan pembelajaran yang ditujukan un­tuk membangkitkan motivasi dan memfokuskan perhatian peserta didik untuk berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran.
b.      Inti
Kegiatan inti merupakan proses pembelajaran untuk mencapai KD. Kegiatan pembelajaran dilakukan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik. Kegiatan ini dilakukan secara sistematis dan sistemik melalui proses eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi.
 c.    Penutup
Penutup merupakan kegiatan yang dilakukan un­tuk mengakhiri aktivitas pembelajaran yang dapat dilakukan dalam bentuk rangkuman atau kesimpulan, penilaian dan refleksi, umpan balik, dan tindak lanjut.
10.   Penilaian hasil belajar
Prosedur dan instrumen penilaian proses dan hasil belajar disesuaikan dengan indikator pencapaian kompetensi dan mengacu kepada Standar Penilaian.
11.   Sumber belajar
Penentuan sumber belajar didasarkan pada standar kompetensi dan kompetensi dasar, serta materi ajar, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kom petensi.

RPP Penjaskes / PJOK SD Kelas 1 silahkan download disini :

  1. SK-KD
  2. Pemetaan SK-KD
  3. Silabus
  4. RPP

RPP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM / PAI SD KELAS 1


RPP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM / PAI SD KELAS 1 Silahkan Download disini :

  1. SK-KD
  2. Pemetaan SK-KD
  3. Silabus
  4. RPP
Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar memang terkait langsung dengan pendidikan karakter, sesuai dengan latar belakang dan tujuan PAI. Oleh sebab itu tentu bukan hal yang baru ketika silabus atau rencana pembelajaran harus disesuaikan dengan pendidikan karakter

Pendidik diharapkan dapat mengembangkan metode pembelajaran sesuai dengan standar kompetensi dan kompetensi dasar. Pencapaian seluruh kompetensi dasar perilaku terpuji dapat dilakukan tidak beraturan. Peran semua unsur sekolah, orang tua siswa dan masyarakat sangat penting dalam mendukung keberhasilan pencapaian tujuan Pendidikan Agama Islam.

Pendidikan Agama Islam di SD memang terkait langsung dengan pendidikan karakter, sesuai dengan latar belakang dan tujuan PAI. Oleh sebab itu tentu bukan hal yang baru ketika rencana pembelajaran harus disesuaikan dengan pendidikan karakter. Di dalam sebuah Silabus berisi kompetensi dasar, materi pokok, kegiatan pembelajaran indikator, cara mengetahui ketercapaian kompetensi, alokasi waktu dan sumber belajar

Di dalam sebuah Silabus berisi kompetensi dasar, materi pokok, kegiatan pembelajaran indikator, cara mengetahui ketercapaian kompetensi, alokasi waktu dan sumber belajar
 

RPP , PEMETAAN , DAN SILABUS BAHASA INDONESIA SD KELAS 6


RPP , PEMETAAN , DAN SILABUS BAHASA INDONESIA SD KELAS 6 Silahkan Download disini :

  1. SK-KD
  2. Pemetaan SK-KD
  3. Silabus
  4. RPP

RPP , PEMETAAN , DAN SILABUS BAHASA INDONESIA SD KELAS 5


RPP , PEMETAAN , DAN SILABUS BAHASA INDONESIA SD KELAS 5 Silahkan Download disini :

  1. SK-KD
  2. Pemetaan SK-KD
  3. Silabus
  4. RPP

RPP , PEMETAAN , DAN SILABUS BAHASA INDONESIA SD KELAS 4


RPP , PEMETAAN , DAN SILABUS BAHASA INDONESIA SD KELAS 4 Silahkan download disini :

  1. SK-KD
  2. Pemetaan SK-KD
  3. Silabus
  4. RPP

RPP , PEMETAAN , DAN SILABUS BAHASA INGGRIS SD KELAS 3


RPP , PEMETAAN , DAN SILABUS BAHASA INGGRIS SD KELAS 3 Silahkan download disini :

  1. SK-KD
  2. Pemetaan SK-KD
  3. Silabus
  4. RPP

RPP , PEMETAAN , DAN SILABUS BAHASA INGGRIS SD KELAS 2


RPP , PEMETAAN , DAN SILABUS BAHASA INGGRIS SD KELAS 2 Silahkan download disini :

  1. SK - KD
  2. Pemetaan SK - KD
  3. Silabus
  4. RPP

RPP , PEMETAAN , DAN SILABUS BAHASA INGGRIS SD KELAS 1


RPP Silabus Bahasa Inggris SD/MI Berkarakter ini sengaja kami posting per mata pelajaran aja untuk tiap tingkat pendidikan supaya lebih terfokus dan anda juga mudah untuk mendownloadnya. Jika anda ingin mendownload untuk mata pelajaran yang lain silahkan lihat di bagian artikel terkait.

Pada postingan kali ini saya ingin membagikan contoh RPP Silabus Bahasa Inggris SD/MI Berkarakter kelas 1yang ada Eksplorasi, Elaborasi dan Konfirmasi untuk para tenaga pendidik. Contoh ini diperuntukkan bagi semua orang yang membutuhkannya terutama bagi pengajar yang kesulitan menyusun RPP dan Silabus dengan baik dan benar bisa menggunakan contoh ini untuk membuatnya. Oleh karena itu diharapkan contoh ini tidak hanya sekedar dicopy saja. Tetapi di edit dan disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing.


RPP , PEMETAAN , DAN SILABUS BAHASA INGGRIS SD KELAS 1 silahkan download disini :
  1. Pemetaan SK SD
  2. Silabus
  3. RPP