MENJAGA AGAR SAHABAT SEJATI TIDAK PUTUS

Mencari teman baru memang penting, namun menjaga persahabatan juga tidak kalah penting.

1. Fleksibel
Fleksibel merupakan cara paling pamungkas agar hubungan pertemanan kamu bertahan abadi selamanya. Tanpa adanya rasa fleksibel, kamu akan kesulitan untuk menerima perubahan sifat maupun perilaku sahabat kamu sendiri. Sebaiknya, sikapi perubahan yang dilakukan atau terjadi pada sahabat dengan se-fleksibel mungkin.

2. Komitmen

Akan sia-sia saja apabila kamu berharap persahabatan akan bisa bertahan lama namun tidak mempunyai komitmen yang kuat. Komitmen adalah landasan dasar dalam hubungan pertemanan. Apabila kamu memiliki komitmen yang tinggi, maka kamu bisa menaklukkan berbagai macam permasalahan yang muncul dalam persahabatan.

3. Sabar

Perbedaan status atau perbedaan lainnya terkadang menjadi masalah besar yang sering muncul dalam sebuah pertemanan. Apabila kamu tidak memiliki kesabaran dalam menghadapi perbedaan, pertemananpun bisa pecah.

4. Komunikasi

Baik dalam keluarga maupun dalam persahabatan, komunikasi yang terjalin dengan baik sangat dibutuhkan untuk memecahkan konflik dalam sebuah persahabatan. Dengan komunikasi, kamu akan bisa memahami apa yang diinginkan teman, begitu juga sebaliknya teman akan tau keinginan kamu. Walaupun terkadang masalahnya kecil, segeralah untuk dikomunikasikan.

5. Jaga keseimbangan
Supaya persahabatan kamu makin sehat, jagalah keseimbangan hubungan. Maksudnya, kamu harus bisa memperlakukan teman kamu itu seperti kamu ingin diperlakukan. Walaupun kedengarannya mudah, namun hal ini lumayan sulit dalam kenyataannya. Kuncinya adalah mencoba memahami terlebih dahulu kondisi temanmu tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan isi komentar, saran, maupun kritik biar blog ini semakin ok