RPP BAHASA INGGRIS KELAS X XI XII SMK SMA KURIKULUM 2013 TAHUN 2016


RPP Bahasa Inggris SMA/SMK/MA Kurikulum 2013

Silahkan Download RPP Kur 13 dibawah ini :

Silabus SMA Mapel B. Ing [Download] KI KD [Download]

Download RPP Kelas X

Download RPP Kelas XI

Download RPP Kelas XII


STANDAR KOMPETENSI

3.   Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal dalam knteks sehari-hari.

KOMPETENSI DASAR :

3.1 Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done ) dan interpersonal (bersosialisasi) rsmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima dengan menggunakan ragam bahasa lisan sederhana dalam kontek sehari-hari dan melibatkan tindak tutur :
- Memperkenalkan diri dan orang lain.

3.2 Menyatakan bertemu dan berpisah

INDIKATOR :

1.    Siswa dapat. Memperkenalkan diri dan orang lain.
2.    Siswa dapat. Menyatakan bertemu dan berpisah

TUJUAN PEMBELAJARAN :
1.    Melatih siswa  Memperkenalkan diri dan orang lain.
2.    Melatih siswa  Menyatakan bertemu dan berpisah
3.    Melatih siswa  melengkapi rumpang-rumpang dalam teks dialog yg diberikan.
4.    Melatih siswa  menjawab pertanyaan untuk memahami isi dialog yg diberikan.
5.    Melatih siswa  mempraktekkan diaolog.
6.    Melatih siswa  membuat percakapan singkat yg Memperkenalkan diri dan orang lain dan  Menyatakan bertemu dan berpisah

MATERI AJAR ;

a.    Memperkenalkan diri

    URAIAN MATERI  :
-    I’d like to introduce myself. My name is ...
-    May i introduce myself? I’m...
-    Have we met before? I’m ...
-    Hi. I’m ...

*  Merespon perkenalan :
-    It’s  a pleasure to meet you
-    (It's) nice to meet you
-    (I’m) glad to meet you
-    Hello
-    Hi

b.    Memperkenalkan orang lain
-    Mr. Tono, I’d like to introduce my colleague, Mr. ….
-    I’d like you to meet Rina, my classmate
-    Budi, this is Romeo. Romeo, this is Budi

c.    Menyatakan bertemu
•    Formal Situation
Greetings;                        Responses;
- Good morning/afternoon/evening            - Good morning, afternoon, evening
- How are you?                    - I’m fine, thank you

•    Informal Situation
- Hello. How are things?                - (I’m) all right
- How are you doing                    - O.K. What about you?
- How is life?                        - Fine. And you?
- How is it going?                    - Pretty well
- How’s everything                    - Not bad

d.    Menyatakan berpisah
-    Good bye
-    See you
-    It was nice seeing you. Goodbye
-    Thank you for your time. Goodnight
-    I really must go. goodbye





METODE PEMBELAJARAN :
THREE PHASE TECHNIQUE ( PRE – WHILST – POST )

LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN :

AKTIVITAS    WAKTU
1.    KEGIATAN AWAL
    Greeting
    Mengenalkan inidikator

2.    KEGIATAN INTI
    Guru mengenalkan ungkapan yg Memperkenalkan diri dan orang lain. ( materi terlampir ).
    guru mengenalkan ungkapan yg menyatakan bertemu dan berpisah ( materi terlampir ).
    Guru menyediakan dialog tak lengkap yg ahrus dilengkapi siswa. ( materi terlampir ).
    Guru menyatakan isi dialog baik yg tersurat maupun tersirat dalam memahami isi surat. ( materi terlampir ).
    Guru meminta siswa untuk mempraktekan siswa secara berpasangan.  .
( materi terlampir ).
    guru meminta siswa membuat percakapan singkat yg mengungkapkan tentang Memperkenalkan diri dan orang lain dan menyatakan bertemu dan berpisah secara individu.

3.    KEGIATAN AKHIR
    Review
    Pemberian tugas kepada siswa untuk mempersiapkan pertemuan berikutnya .
    Leave taking
    5 menit



10 menit


10 menit

10 menit

10 menit

25 menit

15 menit




5 menit



COMPLETE THE DIALOG USING THE GIVEN SENTENCES OF PHRASES !

DIALOG 1

Peter    : Good morning, Mrs. Nisa’?
Mrs. Nisa’    : ..............................., Peter
Peter     : How are you this morning ?
Mrs. Nisa’    : ..................., thank you.
Peter    : Did you have a nice weekend ?
Mrs. Nisa’    :Yes, ……………….

DIALOG 2

Astrit    : Good bye, Fatimah
Fatimah    : ……………., Astrit
         It’s nice ……………..

DIALOG 3
Study the following dialog to understand the use of several ways to make self introductions. Underline the expressions to introduce oneself in the dialog.
•    Rahmat  introduces himself to his new friend
Rahmat  : Hello. I’d like to introduce myself
My nsme is rahmat saleh
I’m a first year student at SMA PGRI  I  JOMBANG
I live at Jl. Patimura No. 7 Jombang
Ali    : Nice to meet you. My name is …….
     ……………………………………….
DIALOG  4
Arman    : Ton, this is Bob. He is ............
Tono    : .................. to meet you
Boby    : Happy to meet you
Tono    : Sorry, ..................
Boby    : Nice meeting you
Tono    : .................... later



Mengetahui,
Kepala MA Hasyim Asy’ari




Moh. Dimyanto, S.Ag     Guru Bahasa Inggris





Hndro Subiyantoro, S.Pd



Menunjukkan kesungguhan belajar bahasa Inggris terkait teks recount sederhana tentang pengalaman/kejadian/peristiwa.


Menunjukkan perilaku peduli, percaya diri, dan tanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi terkait teks recount sederhana tentang pengalaman/kejadian/peristiwa.

Mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks recount sederhana tentang pengalaman/kejadian/peristiwa.

Merespon makna teks recount sederhana tentang pengalaman/kejadian/ peristiwa.

Menyusun teks recount sederhana tentang pengalaman/kejadian/peristiwa.




SOAL ULANGAN AKHIR SEMESTER / UAS MATEMATIKA KELAS 1 SD


SOAL ULANGAN AKHIR SEMESTER / UAS MATEMATIKA KELAS 1 SD
SILAHKAN DOWNLOAD DIBAWAH INI

SOAL ULANGAN SEMESTER GANJIL MATEMATIKA KELAS 2 SD


SOAL ULANGAN SEMESTER GANJIL MATEMATIKA KELAS 2 SD

SOAL ULANGAN SEMESTER GANJIL BAHASA INDONESIA KELAS 1 SD


SOAL ULANGAN SEMESTER GANJIL BAHASA INDONESIA KELAS 1 SD

SOAL ULANGAN SEMESTER GANJIL PKn KELAS 1 SD


SOAL ULANGAN SEMESTER GANJIL PKn KELAS 1 SD

SOAL ULANGAN SEMESTER GANJIL IPS KELAS 1 SD



SOAL ULANGAN SEMESTER GANJIL IPS KELAS 1 SD

SOAL USG IPS KELAS 1 SD SEM 1

SOAL ULANGAN SEMESTER GANJIL IPA KELAS 1 SD


SOAL ULANGAN SEMESTER GANJIL IPA KELAS 1 SD

SOAL ULANGAN SEMESTER GANJIL MATEMATIKA KELAS 1 SD


SOAL ULANGAN USG MATEMATIKA KELAS 1 SD SEMESTER 1

LATIHAN UJIAN NASIONAL BAHASA INDONESIA SD TAHUN 2016


LATIHAN UJIAN NASIONAL BAHASA INDONESIA SD TAHUN 2016 Silahkan Download Latihan Soal dan Pembahasan Ujian Nasional dibawah ini :

RPP BAHASA JAWA KELAS 2 SD TAHUN 2016 KTSP



RPP BAHASA JAWA KELAS 2 SD TAHUN 2016 KTSP silahkan download dibawah ini:

RPP BAHASA JAWA KELAS 1 SD TAHUN 2016 KTSP

Pembelajaran bahasa Jawa sebaiknya dibuat mudah atau gampang saja. Pembelajaran bahasa Jawa jangan dibuat sulit, tapi buatlah pembelajar menjadi mudah atau malah dipermudah. Dengan pembelajaran yang mudah pembelajar tidak menjadi takut, merasa senang, tidak menghindar, dan dapat fokus belajar. Pembelajaran yang mudah dapat menstimulasi pembelajar menjadi aktif, tidak takut bertanya, rasa ingin tahu tinggi, dan motivasi belajar meningkat.
Pilihlah metode, strategi, dan teknik yang unggul di suatu kelas. Metode, strategi, dan teknik yang unggul di suatu kelas belum tentu unggul di kelas lainnya. Guru hendaknya menggunakan metode, strategi, dan teknik secara luwes disesuaikan dengan konteks kelas dan pembelajar. Jadi pembelajarn bahasa Jawa  sebaiknya Gampang, Aktif, Unggul, dan Luwes (GAUL)

Sebelum membuat RPP, terlebih dulu guru menyusun silabus sebagai program pembelajaran. Di dalam RPP berkarakter sesuai KTSP di dalam kegiatan pembelajaran (skenario/langkah pembelajaran) terdapat 3 tahapan, yaitu tahapan Eksplorasi, Elaborasi dan Konfirmasi.

RPP memuat hal-hal yang langsung berkait dengan aktivitas pembelajaran dalam upaya pencapaian penguasaan suatu Kompetensi Dasar. Dalam menyusun RPP KTSP guru harus mencantumkan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar yang akan disusun dalam RPP tersebut.

Di dalam RPP secara rinci harus memuat Identitas RPP, Tujuan Pembelajaran, Materi Pembelajaran, Metode Pembelajaran, Langkah-langkah Kegiatan pembelajaran, Sumber Belajar, dan Penilaian

RPP BAHASA JAWA KELAS 1 SD TAHUN 2016 KTSP SILAHKAN DOWNLOAD DIBAWAH INI

RPP TIK KELAS 9 SMP TAHUN 2016 KTSP


Mata Pelajaran TIK

RPP MATEMATIKA KELAS 9 SMP TAHUN 2016 KTSP


Mata Pelajaran Matematika

RPP IPS KELAS 9 SMP TAHUN 2016 KTSP


Mata Pelajaran IPS

RPP IPA KELAS 9 SMP TAHUN 2016 KTSP


Mata Pelajaran IPA

RPP PENJASORKES KELAS 9 SMP TAHUN 2016 KTSP


Mata Pelajaran PJOK

RPP SBK KELAS 9 SMP TAHUN 2016 KTSP


Mata Pelajaran SBK

RPP PKn KELAS 9 SMP TAHUN 2016 KTSP


    Mata Pelajaran PKn
    Dalam UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dinyatakan bahwa di setiap jenis, jalur dan jenjang pendidikan wajib memuat terdiri dari Pendidikan Bahasa, Pendidikan Agama, dan Pendidikan Kewarganegaraan.
    Kep. Mendikbud No. 056/U/1994 tentang Pedoman Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi dan Penilaian Hasil Belajar Mahasiswa menetapkan bahwa “Pendidikan Pancasila, Pendidikan Agama, dan Pendidikan Kewarganegaraan termasuk dalam Mata Kuliah Umum (MKU) dan wajib diberikan dalam kurikulum setiap program studi”.
    Dengan penyempurnaan kurikulum tahun 2000, menurut Kep. Dirjen dikti No. 267/Dikti/2000 materi Pendidikan Kewiraan disamping membahas tentang PPBN juga dimembahas tentang hubungan antara warga negara dengan negara. Sebutan Pendidikan Kewiraan diganti dengan Pendidikan Kewarganegaraan. Materi pokok Pendidikan Kewarganegaraan adalah tentang hubungan warga negara dengan negara, dan Pendidikan Pendahuluan Bela Negara (PPBN).



    B. Tujuan Pendidikan Kewarganegaraan
    Berdasarkan Kep. Dirjen Dikti No. 267/Dikti/2000, tujuan Pendidikan Kewarganegaraan mencakup:
    1. Tujuan Umum
    Untuk memberikan pengetahuan dan kemampuan dasar kepada mahasiswa mengenai hubungan antara warga negara dengan negara serta PPBN agar menjadi warga negara yang diandalkan oleh bangsa dan negara.
    2. Tujuan Khusus
    1. Agar mahasiswa dapat memahami dan melaksanakan hak dan kewajiban secara santun, jujur, dan demokratis serta ikhlas sebagawai WNI terdidik dan bertanggung jawab.
    2. Agar mahasiswa menguasai dan memahami berbagai masalah dasar dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, serta dapat mengatasinya dengan pemikiran kritis dan bertanggung jawab yang berlandaskan Pancasila, Wawasan Nusantara, dan Ketahanan Nasional
    3. Agar mahasiswa memiliki sikap dan perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai kejuangan, cinta tanah air, serta rela berkorban bagi nusa dan bangsa.

    RPP BAHASA INGGRIS KELAS 9 SMP TAHUN 2016 KTSP


    Mata Pelajaran Bahasa Inggris

    RPP BAHASA INDONESIA KELAS 9 SMP TAHUN 2016 KTSP

    RPP dan Silabus SMP Kelas VII, VIII dan IX KTSP - Pada postingan kali ini, blog Membumikan Pendidikan akan share mengenai RPP dan Silabus untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP) atau Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) 
    Beredarnya surat edaran dari Mendikbud mengenai pemberlakuan kurikulum 2013 dan kurikulum tingkat satuan pendidikan atau yang dikenal dengan KTSP membuat semua komponen pendidikan merasa bingung, bahkan ada yang pro dan tidak sedikit pula yang kontra. Alasannya berbagai macam, bagi yang pro kurikulum 2013 beralasan sudah keluar banyak miliaran kenapa tidak dipertahankan dsb. Sedangkan bagi yang merasa terbebani dengan kurikulum 2013 beralasan dari mulai tidak optimalnya implementasi kurikulum 2013, bahan ajar yang datang terlambat, sampai pada pembuatan perangkat pembelajaran (baca: RPP dan Silabus) yang dirasa sangat-sangat memberatkan bagi pendidik atau guru. Bahkan dari kalangan wali murid pun tidak kalah panasnya, "anak sekolah jaman sekarang ada-ada saja tugasnya, ada yang suruh bawa sayur-sayuran dan lain sebagainya. Ini mau sekolah apa mau jualan di pasar". Kami di sini bukan berarti kontra dengan kurikulum 2013, tapi kami merasa ketika ingin menerapkan kurikulum yang sangat-sangat bagus (") tersebut butuh sosialisasi dan suntikan-suntikan yang sangat-sangat matang, bukan cuma kepada pendidik saja, melainkan wali murid juga harusnya diajak.
    Hal seperti di atas harusnya menjadi pengalaman bagi stakeholder atau pemangku kebijakan agar selalu mawas diri sebelum bertindak. Jadi panjang.... Ok langsung saja di bawah ini Blog Membumikan Pendidikan akan share tentang RPP dan Silabus SMP kelas VII, VIII, dan IX KTSP. Dalam share RPP dan Silabus ini, terdapat pula SK dan KD, Pemetaan SK, Program Semester (Promes), Program Tahunan (Prota), dan KKM tentunya RPP dan Silabusnya juga tidak ketinggalan. Berikut di bawah ini sahabat-sahabat linknya.
    Mata Pelajaran Bahasa Indonesia

    RPP TIK KELAS 8 SMP TAHUN 2016 KTSP

    RPP dan Silabus SMP Kelas VII, VIII dan IX KTSP - Pada postingan kali ini, blog Membumikan Pendidikan akan share mengenai RPP dan Silabus untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP) atau Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) 
    Beredarnya surat edaran dari Mendikbud mengenai pemberlakuan kurikulum 2013 dan kurikulum tingkat satuan pendidikan atau yang dikenal dengan KTSP membuat semua komponen pendidikan merasa bingung, bahkan ada yang pro dan tidak sedikit pula yang kontra. Alasannya berbagai macam, bagi yang pro kurikulum 2013 beralasan sudah keluar banyak miliaran kenapa tidak dipertahankan dsb. Sedangkan bagi yang merasa terbebani dengan kurikulum 2013 beralasan dari mulai tidak optimalnya implementasi kurikulum 2013, bahan ajar yang datang terlambat, sampai pada pembuatan perangkat pembelajaran (baca: RPP dan Silabus) yang dirasa sangat-sangat memberatkan bagi pendidik atau guru. Bahkan dari kalangan wali murid pun tidak kalah panasnya, "anak sekolah jaman sekarang ada-ada saja tugasnya, ada yang suruh bawa sayur-sayuran dan lain sebagainya. Ini mau sekolah apa mau jualan di pasar". Kami di sini bukan berarti kontra dengan kurikulum 2013, tapi kami merasa ketika ingin menerapkan kurikulum yang sangat-sangat bagus (") tersebut butuh sosialisasi dan suntikan-suntikan yang sangat-sangat matang, bukan cuma kepada pendidik saja, melainkan wali murid juga harusnya diajak.
    Hal seperti di atas harusnya menjadi pengalaman bagi stakeholder atau pemangku kebijakan agar selalu mawas diri sebelum bertindak. Jadi panjang.... Ok langsung saja di bawah ini Blog Membumikan Pendidikan akan share tentang RPP dan Silabus SMP kelas VII, VIII, dan IX KTSP. Dalam share RPP dan Silabus ini, terdapat pula SK dan KD, Pemetaan SK, Program Semester (Promes), Program Tahunan (Prota), dan KKM tentunya RPP dan Silabusnya juga tidak ketinggalan. Berikut di bawah ini sahabat-sahabat linknya.
    Mata Pelajaran TIK

    RPP MATEMATIKA KELAS 8 SMP TAHUN 2016 KTSP


    Mata Pelajaran Matematika

    RPP IPS KELAS 8 SMP TAHUN 2016 KTSP


    Mata Pelajaran IPS